Tuesday, June 17, 2008

Bahasa Remaja

Bahasa remaja penuh rhsia.hanya remaja yg bs mengonikasikan secra aktif.gal ini di sebabkan bahasa remaja haril campur aduk berbagai bahasa.dalam kacamata psikologi,remaja merupakan masa tumbuh adoles cence-tumbuh menjadi dewasa.dilapangan,sistem tidak memihak remaja.guru2 qta mewasiatkan penggunaan bhs yg baik dan benar.celakanya,banyak guru yg menjejali konsep ejaan yg di sempurnakan(EYD) dlm berkomunikasi.alhasil terkesan kaku dan formal.
Bahasa gaul (funky) dimulai dari sandi,dilanjutkan prokem,bahasa gaul dan terus berkembang hingga saat ini.sayangnya sandi cenderung bermakna negatif.mengapa? sandi byk digunakan olh remaja jalanan yg diduga kerap berpesta narkotika. contohny NARKOTIKA byk di sebut dlm byk istilah;fun,top-hit,bubuk, tepung setan.sdg mcuk dibahasakan dg sundap beler dan teler. bhs ini di pelihara sampai kemunculan bhs prokem atw preman.bhsy lbh pada bdang kriminal
Pratama raharja menceritakan,bahasa prokem digunakan olh para penjahat.dlm bhs prokem,memiliki fungsi antara lain;rahasia pembicaraan, pembeda antargenerasi,pengembangan kode identifikasi dan perasaan solider.
lambat laun bhs prokem mengalami perkembangan positif.hal ini di pengaruhi olh teknologi informasi.salah satu contohnya adalh MTV. Chanel ini mempertötökan gaya hdp ank muda di slruh duia.berbagai menu acr pasti gaul ais,funky dan slengek
dari segi penutu,bhs gaul bukan hanya milik anak kota,anak desapun fasih melafalkanya.berarti bhs gaul merupakan gejala sosial dan fenomenal.karya seni tulis seperti puisi,naskah drama,dan novel pun byk yg berbahasa gaul.jangkauan bhs gaul semakin luas dg bertebarany produk tren budaya pop-film dan musik.
beìtulah bhs remaja,berkembang seiring dinamisasi zaman.terus bergerak progres seiring jalanya peradaban.

No comments: